Rabu, 11 Juni 2008

Devosi Kitab Suci: Rabu, 11 Juni 2008

Pw. St. Barnabas (Rasul)

"Menjadi warta penghiburan bagi sesama" (Barnabas berarti anak penghiburan)


 

Bacaan   I: Kis 11:21b-26; 13:1-3

11:21 Dan tangan Tuhan menyertai mereka dan sejumlah besar orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan.
11:22 Maka sampailah kabar tentang mereka itu kepada jemaat di Yerusalem, lalu jemaat itu mengutus Barnabas ke Antiokhia.
11:23 Setelah Barnabas datang dan melihat kasih karunia Allah, bersukacitalah ia. Ia menasihati mereka, supaya mereka semua tetap setia kepada Tuhan,
11:24 karena Barnabas adalah orang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman. Sejumlah orang dibawa kepada Tuhan.
11:25 Lalu pergilah Barnabas ke Tarsus untuk mencari Saulus; dan setelah bertemu dengan dia, ia membawanya ke Antiokhia.
11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen
13:1 Pada waktu itu dalam jemaat di Antiokhia ada beberapa nabi dan pengajar, yaitu: Barnabas dan Simeon yang disebut Niger, dan Lukius orang Kirene, dan Menahem yang diasuh bersama dengan raja wilayah Herodes, dan Saulus.
13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
13:3 Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.
13:4 Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus.

Bacaan Injil  : Mat 10:7-13

10:7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.
10:8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
10:9 Janganlah kamu membawa emas atau perak atau tembaga dalam ikat pinggangmu.
10:10 Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya.
10:11 Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.
10:12 Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka.
10:13 Jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu

Renungan

Yesus memberi kuasa kepada murid-murid-Nya untuk mengusir roh jahat dan mengobati berbagai penyakit.  Apakah itu hanya terjadi jaman Kristus dahulu? Tidak.  Bahkan,pada masa ini banyak orang mendapat kuasa dari Yesus untuk mengusir roh jahat dan mengobati berbagai penyakit dalam nama-Nya.

Hal ini menunjukkan kasih-Nya yang begitu besar kepada umat-Nya.  Kita sebagai umat pilihan-Nya patut bersyukur mendapatkan anugerah kasih dari-Nya.  Ada rupa-rupa karunia dan karisma yang Tuhan berikan kepada masing-masing kita.  Semua itu bukan untuk berbanggandiri atau membuat kita sombong.  Sebab kita hanyalah perpanjangan tangan kasih Tuhan bagi dunia ini.  Yesus mengingatkan kita, "Kamu telah memperolehnya dengan cuma-Cuma, karena itu berikanlah pula dengan Cuma-Cuma". (Mat.10:8b)


 

Tuhan Yesus, terima kasih atas kebaikan dan kasih setia-Mu. 

Pergunakanlah aku sebagai alat-Mu, seumur hidupku. Amin (Mirifika.New)


 

bbg-widi_tbs